Cara Menulis Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam ﷺ di iOS (iPhone)

  • Reading time:2 Menit
  • 40 View

Beberapa waktu yang lalu saya sudah membagikan tips menulis ﷺ di Android yang bisa Anda lihat di sini. Nah, pada kesempatan kali ini saya ingin membagikan tips menulis ﷺ di iOS iPhone. Caranya tidak jauh beda dengan cara yang ada pada perangkat Android.

Baik untuk menyingkat waktu kita langsung saja ke langkah-langkah yang harus dilakukan.

Langkah-langkah Cara Menulis ﷺ di iOS (iPhone):

  1. Copy salah satu frasa yang ada pada tabel, di dalam tabel berikut ada frasa sekaligus contoh pintasannya, Anda dapat mengubah pintasan sesuai selera Anda, Anda bisa langsung mencoba ﷺ atau frasa lainnya seperti di dalam tabel:
    Frasa
    Pintasan

    basmalah
    swt
    saw
    السلام عليكم ورحمة الله وبركاتهsalam
    وعليكم السلام ورحمة الله وبركاتهwass
    إن شاء اللهins
    ما شاء اللهmas
    إنا لله وإنا إليه راجعونinnalillah
  2. Buka Settings di iPhone Anda
  3. Scroll ke bawah lalu pilih General
  4. Pilih Keyboard
  5. Pilih Text Replacement
  6. Tap pada icon + yang ada di pojok kanan atas untuk menambah pintasan baru.
  7. Pada bagian Phrase isi dengan frasa yang sudah Anda copy dari tabel di atas contohnya frasa ﷺ, Anda bisa langsung paste di sana.
  8. Pada bagian Shortcut isi dengan pintasan yang Anda inginkan, di mana ketika pintasan tersebut di ketik maka frasa ﷺ akan muncul dalam saran. Anda bisa menggunakan pintasan SAW atau yang lainnya sesuai selera Anda.
  9. Tap pada Save yang ada di pojok kanan atas.
  10. Setelah selesai, cobalah mengetik di mana pun, di chat atau di note. Silakan ketik pintasan yang sudah Anda buat misalnya SAW dan Anda akan melihat ﷺ ada pada daftar kata yang disarankan.
  11. Ulangi langkah-langkah di atas untuk menambahkan frasa-frasa lainnya, Anda dapat menambahkan frasa sebanyak yang Anda inginkan tanpa batasan, frasa-frasa dalam tabel di atas hanya sebagai contoh karena frasa tersebut yang sangat sering digunakan.

Demikian tutorial singkat menulis dan menambahkan frasa ﷺ atau frasa-frasa lainnya pada kamus atau dictionary keyboard di iOS (iPhone), semoga bermanfaat untuk kita semua.

Jika Anda menggunakan Android maka Anda bisa melihat caranya di sini.

Mohammad Ridwanullah

Founder www.zaad.my.id | Author | Web Developer | Alumni Darul Ihsan Sana Daja & Ma'had Al-Ittihad Al-Islami Camplong. Melanjutkan pendidikan S1 Fakultas Syariah di LIPIA Jakarta. Melanjutkan pendidikan S2 di Fakultas Syariah jurusan Fiqh dan Ushul Fiqh di LIPIA Jakarta.

Postingan Ini Memiliki Satu Komentar

Tinggalkan Balasan