Membuat Footnote (Catatan Kaki) Arab dari Kanan ke Kiri (RTL) Otomatis

  • Reading time:2 Menit
  • 35 View

Cara membuat footnote (catatan kaki) dokumen berbahasa Arab mengarah dari kanan ke kiri (RTL) dan memindahkan garis footnote ke kanan, tested di Office 2010, 2013, 2016, 2019 dan Microsoft 365.

Beberapa dari kita merasa kesulitan saat membuat dokumen dalam bahasa Arab dan ingin memasukkan footnote, biasanya secara otomatis footnote akan mengarah dari kiri ke kanan (LTR) sekalipun dokumen sudah diatur agar orientasi teksnya mengarah dari kanan ke kiri (RTL).

Sebenarnya penyebab footnote tetap mengarah dari kiri ke kanan adalah langkah yang keliru dalam mengubah orientasi teks dari Kanan ke Kiri (RTL), hal ini karena kebanyakan orang mengubah orientasi teks dari Kanan ke Kiri melalui toolbar yang tersedia pada menu paragraph, langkah tersebut kurang efektif dalam mengubah orientasi teks dari Kanan ke Kiri (RTL) untuk dokumen yang full bahasa Arab; sebab langkah itu hanya akan mengubah arah teks yang ada pada body dokumen dan tidak mengubah arah teks yang ada pada footer di mana di dalamnya terdapat konten footnote atau catatan kaki.

Lalu bagaimana langkah yang tepat untuk mengubah arah atau orientasi teks dari Kanan ke Kiri (RTL) untuk dokumen full bahasa Arab? Simak penjelasan di bawah.

Langkah-langkah membuat footnote mengarah dari kanan ke kiri (RTL)

  1. Buka tab Home, kemudian pada menu Paragraph, klik pada panah kecil yang berada di pojok kanan bawah.Footnote Arab RTL Kanan ke Kiri
  2. Pada menu Direction, pilih Right-to-left, lalu klik pada Save As Default.Footnote Arab RTL Kanan ke Kiri
  3. Pilih This document only? dan terakhir klik OKFootnote Arab RTL Kanan ke Kiri

Setelah langkah-langkah di atas selesai maka Anda akan melihat bahwa arah teks dalam dokumen Anda sudah full Right to Left (RTL) atau kanan ke kiri, silakan coba masukkan footnote/catatan kaki dan Anda akan melihat catatan kaki Anda berada di kanan.

Kesimpulan:

  • Untuk membuat footnote mengarah dari kiri ke kanan (RTL) secara otomatis tidak bisa dengan mengklik pada toolbar RTL yang ada pada menu Paragraph secara langsung.
  • Langkah yang tepat adalah: Dengan membuat template default untuk arah teks pada Paragraph pada dokumen yang sedang dibuat seperti langkah-langkah di atas.
  • Cara di atas telah dicoba di Microsoft Office 2010, 2013, 2016, 2010 dan Microsoft 365.
  • Untuk Microsoft Office 2007 ke bawah belum pernah saya coba langsung dan tidak ada salahnya jika Anda ingin mencoba.
  • Cara di atas juga bisa digunakan untuk memindahkan garis footnote ke kanan.

Mohammad Ridwanullah

Founder www.zaad.my.id | Author | Web Developer | Alumni Darul Ihsan Sana Daja & Ma'had Al-Ittihad Al-Islami Camplong. Melanjutkan pendidikan S1 Fakultas Syariah di LIPIA Jakarta. Melanjutkan pendidikan S2 di Fakultas Syariah jurusan Fiqh dan Ushul Fiqh di LIPIA Jakarta.

Tinggalkan Balasan