Cara Menulis Shallallaahu ‘Alaihi wa Sallam ﷺ di HP Android

  • Reading time:7 Menit
  • 154 View

Sebagaimana kita ketahui para ulama telah menyampaikan bahwa tidak layak bagi kita dan minimal makruh hukumnya menyingkat doa termasuk di antaranya ucapan shalawat kepada Nabi ﷺ, ini telah banyak disampaikan oleh ulama dalam fatwa mereka, salah satunya Syaikh Abdul Aziz bin Abdullah bin Baz.[1]Fatwa Syaikh bin Baaz

Akan tetapi pada praktiknya masih banyak orang yang sering melewatkan hal ini, mengucapkan salam, menjawab salam, menulis shalawat dan berbagai jenis ucapan yang pada asalnya mengandung doa masih sering sekali disingkat dengan dalih menghemat waktu, atau merasa kesulitan menulis lengkapnya, atau dengan alasan-alasan lain.

Padahal jika kita meluangkan sedikit waktu untuk membuat shortcut/pintasan di keyboard maka itu akan sangat memudahkan kita dan akan menghemat waktu kita selanjutnya, kita bisa membuat pintasan untuk frasa-frasa atau doa yang sering diucapkan seperti:

Frasa
Pintasan

basmalah
swt
saw
السلام عليكم ورحمة الله وبركاتهsalam
وعليكم السلام ورحمة  الله وبركاتهwass
إن شاء اللهins
ما شاء اللهmas
إنا لله وإنا إليه راجعونinnalillah

Anda dapat memodifikasi pintasan sesuai selera Anda, selain itu Anda juga bisa menambahkan frasa-frasa lain yang Anda inginkan tanpa batasan.

Dalam kesempatan kali ini zaad.my.id ingin berbagi tips pintasan keyboard Android untuk menulis ﷺ (shallallahu ‘alaihi wa sallam) dan beberapa kalimat doa lainnya yang sangat sering kita gunakan. Bagaimana caranya? Kita simak tips pintasan keyboard android untuk menulis untuk menulis ﷺ dan menyingkat beberapa kalimat atau untuk simbol tertentu di HP Android, langkah-langkah yang harus kita lakukan berbeda-beda tergantung keyboard yang kita gunakan, aplikasi keyboard yang akan dibahas dalam artikel ini adalah:

  1. Gboard (Google Keyboard)
  2. Samsung Keyboard
  3. Go Keyboard
  4. Microsoft Swiftkey Keyboard

Silakan Anda baca langkah-langkahnya sesuai keyboard yang Anda gunakan.

Jika Anda menggunakan Google Keyboard (Gboard) maka:

  1. Copy salah satu dari frasa-frasa atau simbol di atas, Anda bisa langsung mencoba simbol ﷺ
  2. Buka pengaturan Gboard, ada beberapa cara untuk membuka pengaturan Gboard, Anda bisa memilih salah satu dari metode berikut:
    1. Memunculkan keyboard dengan mengetik di mana pun, setelah keyboard muncul maka silakan tap ikon gir untuk membuka pengaturannya.
    2. Dengan membuka aplikasi Gboard langsung dari daftar aplikasi di HP Anda.
    3. Melalui pengaturan HP, letaknya berbeda-beda pada setiap masing-masing UI dari merek yang berbeda, namun biasanya ada di pengaturan bahasa.
    4. Dengan membuka Gboard dari Playstore, silakan ketik Gboard di kolom pencarian lalu setelah itu tap Open (Buka)
  3. Setelah Anda masuk ke pengaturan Gboard silakan pilih Dictionary (Kamus) > Personal dictonary (Kamus pribadi) > All languages (Semua bahasa)
  4. Tap ikon + di pojok kanan atas untuk menambahkan pintasan baru.
  5. Pada kolom type a word/ketik kata silakan paste/tempel ﷺ yang sudah Anda copy tadi
  6. Pada kolom shortcut (pintasan) isikan kata atau huruf yang ingin Anda jadikan pintasan, contoh SAW
  7. Tap ikon centang pada pojok kanan bawah untuk menyimpan atau bisa langsung tap back/kembali.
  8. Silakan back/kembali, dan lihat bahwa pintasan yang tadi Anda buat sudah tersimpan
  9. Cobalah mengetik di mana pun, bisa di chat atau di mana pun boleh, silakan ketik saw dan Anda akan mendapati ﷺ muncul dalam kata yang disarankan, pilih ﷺ maka saw yang tadi Anda ketik akan otomatis berganti menjadi ﷺ.
  10. Ulangi langkah di atas untuk membuat pintasan-pintasan yang lain, selalu gunakan pintasan yang mudah dan singkat agar gampang diingat dan agar lebih mudah ketika Anda ingin menggunakannya.

Untuk memperjelas langkah-langkah di atas silakan lihat gambar berikut, lihat gambar baris atas jika Anda menggunakan bahasa Inggris dan lihat gambar baris bawah jika Anda menggunakan bahasa Indonesia.

Tips Pintasan Keyboard Android, Menulis ﷺ di Google Keyboard (Gboard)


Jika Anda menggunakan Samsung Keyboard maka:

  1. Copy salah satu dari frasa-frasa atau simbol di atas, dalam hal ini Anda bisa langsung mencoba simbol ﷺ
  2. Buka pengaturan Samsung Keyboard, untuk melakukan ini setidaknya Anda bisa menggunakan dua cara:
    1. Memunculkan keyboard dengan mengetik di mana pun, ketika keyboardnya sudah muncul maka silakan tap (sentuh) ikon gir untuk menuju pengaturan.
    2. Dengan mengakses pengaturan keyboard melalui menu settings (pengaturan) HP, caranya: Silakan buka Settings > General management > Language and input > On-screen keyoard > Samsung keyboard (jika Anda menggunakan bahasa Inggris), atau Pengaturan > Manajemen umum > Bahasa dan input > Keyboard pada layar > Keyboard Samsung (jika Anda menggunakan Bahasa Indonesia), cara ini bisa diterapkan pada perangkat Samsung dengan versi One UI 2.5 berbasis Android 10, untuk perangkat Samsung dengan versi UI dan OS berbeda kemungkinan menu dan letaknya berbeda, Anda bisa mencoba menjelajahi menu Settings (Pengaturan) dan pengaturan bahasa untuk  menemukannya.
  3. Setelah Anda masuk ke pengaturan Samsung keyboard maka silakan pilih Smart typing > Text shortcuts (bahasa Inggris) atau Ketik cerdas > Pintasan teks (Bahasa Indonesia)
  4. Tap ikon + di pojok kanan atas untuk menambahkan shortcut baru.
  5. Isi shortcut (pemintas) dengan kata atau huruf apa pun yang Anda suka, misalnya Anda bisa menggunakan shortcut SAW setelah itu paste/tempel frasa atau simbol ﷺ yang sudah Anda copy dari website ini di kolom Expanded phrase (Frasa yang diperluas), lalu tap pada tombol Add (Tambah)
  6. Cobalah mengetik di mana pun, bisa chat atau di mana saja boleh, kemudian ketik saw maka Anda akan mendapati tulisan ﷺ pada kata yang disarankan, pilih ﷺ maka tulisan saw yang Anda ketik tadi akan berubah menjadi ﷺ.
  7. Ulangi langkah di atas untuk menambahkan jalan pintas untuk frasa-frasa baru.

Untuk memperjelas langkah-langkah di atas silakan lihat gambar berikut, lihat gambar baris atas jika Anda menggunakan bahasa Inggris dan lihat gambar baris bawah jika Anda menggunakan bahasa Indonesia.

Tips Pintasan Keyboard Android, Cara membuat ﷺ shallallahu alaihi wa sallam di Samsung Keyboard


Jika Anda menggunakan Go Keyboard maka:

  1. Copy salah satu dari frasa-frasa atau simbol di atas misalnya simbol ﷺ
  2. Buka pengaturan Go Keyboard, ini bisa dilakukan dengan membuka aplikasinya langsung, atau dengan menekan 123? yang ada di pojok bawah kiri keyboard atau dari pengaturan HP langsung seperti pada Gboard di atas.
  3. Buka Dictionary > Personal dictonary > All languages / Kamus >Kamus pribadi > Semua bahasa
  4. Tap ikon + di pojok kanan atas.
  5. Pada kolom enter word (masukkan kata) paste/tempel frasa atau simbol yang telah dicopy tadi misalnya ﷺ, dan pada kolom shortcut/pintasan masukkan pintasan yang ingin Anda gunakan misalnya: saw, lalu tap done/selesai pada keyboard atau bisa langsung back/kembali.
  6. Cobalah mengetik di mana pun, ketik pintasan yang sudah Anda buat tadi misalnya: saw dan Anda akan mendapati simbol ﷺ ada pada kata-kata yang disarankan, silakan dipilih dan otomatis akan mengganti saw yang sudah Anda ketik tadi.
  7. Ulangi langkah-langkah di atas untuk menambahkan frasa-frasa dan simbol-simbol yang lainnya.

Jika Anda ingin lebih jelas Anda bisa melihat gambar Gboard di atas, proses dan menu-menunya hampir sama.


Jika Anda menggunakan Microsoft Swiftkey Keyboard maka:

  1. Copy salah satu dari frasa-frasa atau simbol di atas misalnya simbol ﷺ
  2. Buka pengaturan Microsoft Swiftkey Keyboard, Anda dapat membuka pengaturannya dengan mengetik di mana saja hingga keyboardnya muncul, setelah keybord muncul tekan ikon tiga titik pada pojok kanan atas keyboard, lalu pilih settings. Anda juga dapat membuka pengaturannya dengan membuka aplikasinya langsung, atau dari pengaturan HP, atau dengan membukanya dari Google Playstore.
  3. Setelah pengaturannya terbuka maka silakan tap pada Rich input > Clipboard > Add a new clip atau Input kaya > Papan klip > Tambahkan klip baru.
  4. Pada kolom Clip content/Konten klip silakan paste/tempel simbol ﷺ yang sudah Anda copy tadi, dan isi kolom pintasan dengan huruf yang Anda suka, misalnya saw setelah itu pilih Save/Simpan.
  5. Silakan tap ikon keyboard di pojok kanan bawah untuk mencoba  konfigurasi yang baru Anda buat, atau Anda bisa mencobanya dengan mengetik di mana saja termasuk di chat, ketik saw dan Anda akan melihat simbol ﷺ ada pada daftar kata yang disarankan, pilih ﷺ dan saw yang sudah Anda ketik tadi akan terganti.
  6. Ulangi langkah-langkah di atas untuk menambahkan frasa-frasa dan simbol-simbol yang lainnya.

Demikian tips pintasan keyboard Android dan cara menulis ﷺ di HP Android, semoga bermanfaat untuk kita semua.

Jika Anda pengguna iPhone (iOS) Anda bisa membaca tutorialnya di sini.

Referensi

Mohammad Ridwanullah

Founder www.zaad.my.id | Author | Web Developer | Alumni Darul Ihsan Sana Daja & Ma'had Al-Ittihad Al-Islami Camplong. Melanjutkan pendidikan S1 Fakultas Syariah di LIPIA Jakarta. Melanjutkan pendidikan S2 di Fakultas Syariah jurusan Fiqh dan Ushul Fiqh di LIPIA Jakarta.

Postingan Ini Memiliki Satu Komentar

Tinggalkan Balasan