Menulis Teks Ayat Al-Quran di Word dengan Font Mushaf Madinah

13 Juni 2022
Baca 2 menit
218 Views

Daftar Isi

Untuk mempermudah menulis ayat Al-Quran dengan font seperti yang ada pada cetakan Mushaf Madinah di Microsoft Office Word, kita dapat menggunakan aplikasi Mushaf Madinah versi desktop.

Silakan download aplikasi Mushaf Madinah melalui link berikut:

Secara fitur, versi baru memang lebih kekinian, Mushaf Madinah versi baru juga hadir dengan Mushaf riwayat Warsy.

Namun dari segi stabilitas, Mushaf Madinah versi lama masih jauh lebih stabil, mengingat versi baru yang dirilis adalah versi beta dan belum final, sangat wajar jika kita mendapati banyak bug pada versi baru tersebut.

Cara install Mushaf Madinah versi 2.1 (lama)

File yang Anda download dari link di atas merupakan arsip yang dicompress dalam zip, Anda dapat mengekstrak isinya terlebih dahulu atau langsung membuka filenya.

Setelah isinya diekstrak atau filenya dibuka, silakan klik 2 kali pada setup.exe, dan jalankan proses instalasi sampai selesai.

Gambaran isi arsip yang saya buka dengan aplikasi WinRar, Anda dapat membukanya dengan aplikasi yang lain atau melalui Windows Eksplorer langsung.

Cara Menggunakan Mushaf Madinah Versi 2.1:

Langkah Pertama

Buka aplikasi Mushaf Madinah dan buka dokumen Word yang ingin Anda tambahkan teks ayat.

Langkah Kedua

Tentukan surat dan ayat yang akan disalin ke Word, jika Anda hanya ingin menyalin potongan ayat dan bukan satu ayat penuh, silakan tentukan awal kalimat dan akhir kalimat yang ingin Anda salin.

Di sini Anda dapat memilih surat dan ayat yang ingin Anda salin ke Word. Anda juga dapat menentukan awal dan akhir kalimat yang ingin Anda salin jika Anda tidak ingin menyalin satu ayat penuh.

 

Anda juga dapat mengubah ukuran dan warna font pada tab النص القرآني

Di sini Anda dapat mengubah ukuran dan warna teks, termasuk warna untuk tanda waqaf

Selain itu, Anda juga dapat menambahkan, isti’adzah, basmalah, takhrij ayat, kalimat قال تعالى dari tab الإضافات

Dari tab ini Anda dapat mengatur untuk menambahkan isti'adzah, basmalah, dan qala ta'la, Anda juga dapat mengatur font beserta warnanya. Selain itu Anda juga dapat mengatur bentuk kurung untuk teks ayat yang Anda salin, dan mengatur takhrij ayat.

Langkah Ketiga

Klik pada tombol نسخ إلى وورد

Mushaf Madinah Ayat + Surat

Jika tersebut tidak ada, maka silakan Anda atur melalui tab خيارات المستخدم

Menambahkan teks ayat Al-Quran dengan font Mushaf Madinah di Word
Jika Anda tidak dapat menemukan tombol نسخ إلى وورد silakan Anda atur di sini, Anda dapat mengubah tombol dengan pilihan yang tersedia. Pilihan yang tersedia adalah: Copy to clipboard, Word, InDesign, Photoshop & Ilustrator.

Untuk aplikasi Mushaf Madinah terbaru cara penggunaannya tidak jauh berbeda dari versi 2.1, selain itu pada versi terbaru Anda dapat melakukan seleksi langsung ayat yang ingin Anda salin sehingga akan jauh mempermudah Anda dalam menulis teks ayat Al-Quran menggunakan font Mushaf Madinah di Microsoft Office Word.

Note:

Jika Anda tidak ingin teks ayat Al-Quran atau font berubah saat dibuka di perangkat lain, silakan Anda baca Menyimpan Dokumen Word Agar Font Arab Tidak Berubah.

Tags: ,

Penulis: Mohammad Ridwanullah

Founder www.zaad.my.id | Author | Web Developer | Alumni Darul Ihsan Sana Daja & Ma'had Al-Ittihad Al-Islami Camplong. Melanjutkan pendidikan S1 Fakultas Syariah di LIPIA Jakarta. Melanjutkan pendidikan S2 di Fakultas Syariah jurusan Fiqh dan Ushul Fiqh di LIPIA Jakarta.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

file-adduserslaptop-phoneclockdownloadmagnifiercrossmenulistchevron-leftchevron-right linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram