Mengatasi Gagal Update Windows, Berhenti dan Stuck di 75% dengan Error Code: (0xc1900101)

  • Reading time:3 Menit
  • 47 View

Salah satu masalah yang sering terjadi ketika update windows adalah gagal menginsatall update dan stuck ketika sudah sampai 75%, setelah itu muncul GSOD (Green Screen of Death) dengan error code: (0xc1900101), Windows restart dan melakukan rollback sehingga pemasangan update pun gagal dan Windows tetap berada pada versi sebelumnya.

Jika kita mencoba mencari solusi di internet maka saran yang akan sering muncul adalah:

  • Update semua driver
  • Mencopot anti virus pihak ketiga
  • Mencopot semua USB eksternal yang terhubung
  • Memastikan ada cukup ruang pada disk

Namun menurut pengalaman pribadi saya ketika mengalami gagal update dari Windows 10 ke Windows 11 Insider Preview, setelah semua saran dalam poin di atas dilakukan masih tetap tidak berhasil, hampir semua saran di internet saya ikuti namun tidak ada yang berhasil. Banyaknya saran yang tersedia namun tidak memberikan hasil positif itu sangat menyita waktu kita, sebab proses update sebelum akhirnya mencapai 75% lalu gagal dan proses rollback itu memerlukan waktu yang sangat lama, bayangkan jika ada 10 saran yang tersedia dan semua kita coba namun gagal, berapa lama waktu yang terbuang untuk sekedar mencoba dan gagal?

Setelah hampir menyerah dan membuang banyak aplikasi yang diduga menyebabkan error, serta hampir memilih untuk fressh install saja, akhirnya saya berinisiatif untuk mencoba mendebug error log untuk memastikan apa yang sebenarnya terjadi, alhamdulillah akhirnya berhasil. Bagaimana saya mengatasinya?

Berikut yang saya lakukan dalam mengatasi error code: (0xc1900101) pada udpate Windows yang gagal.

Bahan yang Anda perlukan:

  1. File setupmem.dmp yang berada di direktori $Windows.~BT\Sources\Rollback
  2. Aplikasi WinDbg Preview yang bisa didownload dari sini
  3. Koneksi internet

 

Langkah pertama: Install WinDbg Preview

Langkah kedua: Buka aplikasi WinDbg Preview, lalu pilih Open dump file

Update Windows error code: (0xc1900101), Windbg Preview Open Dumpfile to debug error log

Langkah ketiga: Buka file setupmem.dmp yang ada di direktori $Windows.~BT\Sources\Rollback pada sistem drive (C)

Langkah keempat: Setelah file setupmem.dmp terbaca oleh aplikasi Windbg Preview, silakan gunakan command !analyze -v lalu tekan enter untuk mendebug file tersebut, tunggu sampai prosesnya selesai. (Lihat gambar)

Update Windows error code: (0xc1900101), Windbg Anaylize and Debug setupmem.dmp error log

Langkah kelima: Setelah proses analisis selesai, silakan cari proses yang menyebabkan error, dalam kasus saya yang menyebabkan error adalah aplikasi mysqld.exe, yang merupakan komponen dari aplikasi MAMP dan MAMP Pro.

Update Windows error code: (0xc1900101), debugging process cases an error

Langkah kelima: Uninstall aplikasi yang menyebabkan error dalam kasus saya, saya uninstall MAMP dan MAMP Pro, lalu restart.

Langkah keenam: Mencoba melakukan update lagi, dan alhamdulillah kali ini mulus tanpa kendala.

Demikian tutorial singkat mengatasi error code: (0xc1900101) saat melakukan update Windows, semoga bermanfaat untuk kita semua.


Kesimpulan:

  • Ketika Anda mencari jawaban di forum-forum termasuk di forum Microsoft, Anda akan mendapatkan saran-saran yang sering muncul seperti saran pada poin-poin di atas, jika Anda merasa saran itu akan berhasil silakan dicoba.
  • Jika semua saran ternyata tidak berhasil maka silakan mendebug error log untuk memecahkan masalah.
  • Saya lebih menyarankan Anda mendebug error log Anda sendiri sebelum mencoba banyak saran tersebut, atau meminta bantuan kepada orang yang menurut Anda paham cara mendebugnya untuk kemudian memecahkan masalahnya, ini akan sangat menghemat waktu Anda dari pada harus Anda mencoba semua saran yang tersedia namun ternyata tidak berhasil.
  • Proses yang menyebabkan error dapat berbeda dari satu perangkat ke perangkat yang lain, jadi pastikan Anda mencari proses yang menyebabkan error dengan teliti dan jangan berpatokan pada kasus orang lain termasuk kasus saya.

Mohammad Ridwanullah

Founder www.zaad.my.id | Author | Web Developer | Alumni Darul Ihsan Sana Daja & Ma'had Al-Ittihad Al-Islami Camplong. Melanjutkan pendidikan S1 Fakultas Syariah di LIPIA Jakarta. Melanjutkan pendidikan S2 di Fakultas Syariah jurusan Fiqh dan Ushul Fiqh di LIPIA Jakarta.

Tinggalkan Balasan