Mengganti Font Arab di Microsft Office Word Otomatis

4 Juni 2022
Baca 3 menit
5338 Views

Daftar Isi

Artikel ini akan membahas cara mengganti font Arab beserta ukurannya secara otomatis mengikuti pergantian keyboard di Microsoft Office Word, cara ini juga bisa diterapkan untuk mengubah font default pada tulisan Latin.

Beberapa orang merasa kurang nyaman karena setiap kali mengetik bahasa Arab font yang digunakan secara otomatis adalah font default, sehingga harus mengganti font serta ukurannya secara manual setiap kali ingin mengetik bahasa Arab.

Lebih-lebih ketika tulisan Arab tersebut berada di sela-sela tulisan latin di dokumen dengan bahasa Indonesia atau bahasa Inggris atau lainnya, lalu ingin menyelipkan hadits atau ayat atau tulisan Arab lainnya, tentu akan sangat membuat tidak nyaman ketika harus mengganti font dan ukurannya setiap kali mengetik tulisan Arab, dan setelah selesai mengetik tulisan Arab pun kembali harus mengganti font latin seperti semula secara manual.

Untuk mengatasi hal ini agar lebih mudah dan menghemat waktu, kita bisa mengatur agar font berubah secara otomatis ketika keyboard diganti. Misalnya, saat menggunakan keyboard latin (contohnya Bahasa Indonesia) maka font yang otomatis dipakai adalah Calibri, tapi ketika keyboard diganti ke bahasa Arab maka font akan otomatis berganti ke Traditional Arabic dengan ukuran yang sudah disesuaikan. Bagaimana caranya? Simak langkah-langkahnya di bawah ini.

Langkah-langkah Mengganti Font Arab Secara Otomatis di Microsoft Office Word

Walaupun judul artikel ini adalah mengganti font bahasa Arab secara otomatis, untuk pertama kali tetap ada langkah manual yang dilakukan agar selanjutnya font menjadi otomatis berganti saat Anda mengganti keyboard.

Pertama: Buka Microsoft Office Word

Silakan bukan aplikasi Microsoft Office Word di perangkat Anda.

Kedua: Buka Dokumen

Silakan buka dokumen yang Anda miliki atau silakan membuat dokumen baru.

Ketiga: Buka Pengaturan Font

Dari tab Home, pada menu Font klik panah kecil yang ada di pojok kanan bawah untuk membuka kotak dialog font. Anda juga dapat menggunakan shortcut ctrl+D untuk membuka kotak dialog font.

Font Menu, Mengganti font Arab di Word Otomatis

Keempat: Tentukan Font

Ini langkah yang menentukan, di sini kita akan mengatur font agar secara otomatis berganti saat keyboard diganti, setelah kotak dialog font terbuka, pada bagian Complex scripts ⇒ klik menu dropdwon Font ⇒ pilih font yang Anda inginkan misalnya Traditional Arabic atau Sakkal Majalla atau yang lainnya sesuai selera Anda.

Jika ingin mengubah gaya font misalnya tebal atau miring, silakan klik menu dropdown Font style.

Selanjutnya tentukan ukuran font melalui dropdown menu Size, hal ini karena biasanya font Arab tampak lebih kecil sehingga ukurannya perlu disesuaikan.

Arabic Font Word, mengganti font Arab di Word Otomatis
Silakan tentukan font, Font style dan Size. Anda dapat melihat Preview di bawah untuk mengetahui hasil perubahan yang Anda buat sekarang. Pada kolom Preview, bagian kiri adalah tampilan teks latin dan bagian kanan adalah tampilan teks Arab.

Kelima: Simpan Template Default

Selanjutkan klik pada Set As Default, di sini ada dua pilihan:

  • This document only? Artinya: Perubahan yang Anda lakukan hanya akan diterapkan pada dokumen Anda saat ini, tidak akan diterapkan pada dokumen lain yang sudah ada, atau dokumen baru yang akan Anda buat ke depannya.
  • All documents based on the Normal.dotm template? Artinya: Perubahan yang Anda lakukan akan diterapkan pada semua dokumen termasuk dokumen yang akan Anda buat berikutnya.

Maka untuk menerapkan pergantian font Arab secara otomatis saat Anda mengganti keyboard di semua dokumen, pilih All documents based on the Normal.dotm template? lalu klik OK dan Anda pun selesai.

Default font template.dotm word. font Arab otomatis

Tes Hasilnya

Setelah semua proses di atas tadi selesai, silakan tes hasilnya dengan mengganti keyboard, dan lihat bahwa font akan berubah secara otomatis seiring perubahan keyboard:

Keyboard Latin Font: Calibri, Gaya: Normal, Ukuran: 11 (Otomatis)

Keyboard Arab  Font: Traditional Arabic, Gaya: Normal, Ukuran: 18 (Otomatis)

Silakan Anda coba gonta-ganti keyboard Anda, dan Anda akan mendapati font Anda berubah secara otomatis sesuai bahasa keyboard Anda.

Tips

Untuk bergonta-ganti keyboard dengan cepat dan mudah, silakan tekan dan tahan tombol Windows pada keyboard, sambil Anda tahan tombol Windows silakan tekan spasi sekali (tanpa melepaskan tombol windows), ulangi menekan spasi tanpa melepaskan tombol Windows sampai pilihan mengarah pada keyboard yang Anda inginkan.

Note

Metode ini juga bisa digunakan untuk mengubah font latin, berikut gaya dan ukurannya dan menjadikannya default, bedanya hanya terletak pada bagian font yang diubah, kalau tadi yang kita ubah adalah bagian Complex scripts, untuk font latin yang kita ubah adalah bagian Latin text yang posisinya berada di atas Complex scripts, silakan ikuti langkah-langkah di atas untuk mengubah font latin default, dan ingat bahwa bagian yang harus Anda ubah adalah Latin text.

Kesimpulan

Untuk memudahkan dan menghemat waktu, Anda dapat menentukan font default beserta gaya dan ukurannya baik untuk tulisan latin atau Arab dengan mengatur font default dari kotak kotak dialog font seperti dijelaskan di atas, font akan berganti secara otomatis seiring pergantian keyboard. Jangan lupa Set As Default dan pilih All documents based on the Normal.dotm template? Agar ketika Anda membuat dokumen berikutnya tidak perlu setting-setting lagi.

Tags: ,

Penulis: Mohammad Ridwanullah

Founder www.zaad.my.id | Author | Web Developer | Alumni Darul Ihsan Sana Daja & Ma'had Al-Ittihad Al-Islami Camplong. Melanjutkan pendidikan S1 Fakultas Syariah di LIPIA Jakarta. Melanjutkan pendidikan S2 di Fakultas Syariah jurusan Fiqh dan Ushul Fiqh di LIPIA Jakarta.

Artikel Terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

file-adduserslaptop-phoneclockdownloadmagnifiercrossmenulistchevron-leftchevron-right linkedin facebook pinterest youtube rss twitter instagram facebook-blank rss-blank linkedin-blank pinterest youtube twitter instagram